Rapat Koordinasi Teknis Pengelola Jurnal se UTS Raya (Sumber: Dokumentasi Humas UTS)

Perguruan tinggi dalam perannya menjadi institusi yang di dalamnya nilai-nilai keluhuran tertanam sejak awal dengan mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional sebagaimana pesan yang tertuang dalam undang-undang Nomor 2 tahun 1989, pasal 16, ayat 1 dan diperkuat melalui PP No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 2 tentang tujuannya perguruan tinggi, dan perubahannya melalui UU No. 12 Tahun 2012; salah satunya gabungan dari poin 2 dan 4 adalah dihasilkan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sejalan dengan tujuan pendidikan di atas, mimbar akademik menjadi ruang bebas dalam upaya mendiskusikan dan menyebarluaskan  berbagai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian guna meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Salah satunya medianya adalah dengan publikasi ilmiah berupa jurnal yang dikelola dengan baik dan berkelanjutan. Melalui jurnal, beberapa hasil penelitian (riset), telaah pustaka, dan pandangan-pandangan baru, dan beberapa diantaranya hasil pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan. Universitas Teknologi Sumbawa sendiri saat ini telah mengelola berbagai publikasi dari yang bersifat saintis hingga sosial humaniora sebanyak 24 jurnal yang dapat diakses melalui laman Journals of Universitas Teknologi Sumbawa (uts.ac.id). Beberapa diantaranya ada yang sudah terakreditasi Sinta Dikti, dan beberapa juga dalam proses pengajuan akreditasi, dan yang lainnya proses pendaftaran ISSN.

Upaya penguatan manajemen pengelolaan dan pengenalan teknis dalam sistem jurnal, Wakil Rektor III Direktorat Riset, Publikasi, dan Inovasi melakukan kegiatan Sosialisasi dan pemetaan terkini jurnal-jurnal yang ada untuk dapat dikelola dengan baik dan profesional. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Juli 2023 pukul 09.00 – selesai berlangsung di ruang Rapat Umum Rektorat Lantai II Universitas Teknologi Sumbawa dengan menghadirkan semua pengelola jurnal. “Kegiatan ini dilangsung untuk memetakan kondisi terbaru dari semua jurnal yang Bapak/Ibu kelola” tutur Wakil Rektor III, Dwi Ariyanti, S.Pt., M. Biotech., Ph.D.

Tagged With:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *