Publikasi Ilmiah melalui UTS Student Conference (Sumber: https://www.instagram.com WAREK III)

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terus berbenah dengan melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan penguatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang dikelolanya, baik untuk tenaga kependidikan, tenaga pendidik (dosen) dan mahasiswa sebagai sumber utama pelayanan, termasuk tenaga pendukung lainnya. Beberapa bentuk pelayanan dan penghargaan (reward) diberikan secara berjenjang sesuai dengan tingkatan pendidikan pegawainya. Misalnya bagi pegawai pendukung yang status pendidikan masih SMP Sederajat atau SMA Sederajat melalui paket B dan C, beasiswa S2 Manajemen Inovasi (M. Inov) yang dikelola UTS untuk tenaga kependidikan yang masih S1, dan bantuan tambahan Pembiayaan untuk jejang S3 bagi dosen yang mau melanjutkan pendidikan doktoral, di samping reward untuk pembiayaan publikasi hasil penelitian/pemikiran bagi dosen dalam bentuk Remunerasi Dosen sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 008/UTS/PR/PG/V/2020 Tentang Remunerasi Penelitian dosen.

Selain peningkatan kualitas tendik dan kependidikan, Universitas Teknologi Sumbawa sejak dua tahun sebelumnya terus meningkatkan lulusannya dengan memberikan penguatan keterampilan (skill) dengan tujuan mengembangkan kemampuan berpikir, kreatif sistematik dan ilmiah, etis agar mampu bersaing di dunia kerja sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Rektor No. 010/UTS/PR/AK/V/2020.  Sertifikasi keterampilan tersebut menjadi salah satu persyaratan kelulusan, diantaranya: kemampuan bahasa Inggris (TOEFL), kemampuan berbicara di depan publik (public speaking), keterampilan khusus jurusan (kompetensi program studi), dan yang terbaru mulai tahun ini (2023); semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 mahasiswa harus melakukan publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal hasil penelitian tugas akhir (skripsi) mereka.

Time Line Kegiatan UTS Student Conference (Sumber: https://www.instagram.com WAREK III)

Guna memayungi proses publikasi ilmiah mahasiswa tersebut dan bagian dari syarat yudisium, Universitas Teknologi Sumbawa kembali menetapkan ketentuan baru tentang publikasi tugas akhir. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 675/UTS/SK/III/2023 tentang Ketentuan Publikasi Tugas Akhir Program Sarjana di Lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa, yang panduan teknisnya diatur kembali oleh Wakil Rektor III, Direktorat Riset, Publikasi dan Inovasi dengan membuat Panduan UTS Student Conference (USC) sebagai standar dalam pelaksanaannya. Fasilitas USC dimaksudkan sebagai salah satu alternatif dalam mewadahi proses publikasi tugas akhir mahasiswa dan menjadi nilai plus dari tugas akhir yang telah diselesaikan.

Upaya ini cukup memberikan warna baru bagi mahasiswa semester akhir, tidak saja mereka berhasil menyelesaikan kompleksitas skripsinya yang cukup tebal, tetapi mampu membuat satu rangkuman dengan acuan standar dan metodologi penulis publikasi (jurnal) dan mempresentasikan dalam forum yang lebih luas, khususnya yang ikut dalam penerbitan UTS Student Conference (USC) melalui tautan: Proceeding Of Student Conference (uts.ac.id) yang pelaksanaan akan berlangsung pada tanggal 28 – 28 Juli 2023.

Selamat dan terus berkembang!. Aturan baru menjadi warna baru dalam mengembangkan potensi yang ada, dan mengakrabkan mahasiswa dengan publikasi ilmiah.

Tagged With:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *