Menjadi Mahasiswa Kreatif dan Inovatif Melalui Program Kreativitas Mahasiswa

Gambar 2. Bersama Mahahsiswa Bimbingan PKM Tahun 2021
Gambar 1. Bersama Dosen Pembimbing dan Tim PKM 2011

Jaman sekarang tuntutan menjadi mahasiswa yg cakap hard skill dan soft skill serta idealis itu pasti. Dalam menjadi mahasiswa yg kreatif dan inovatif tentu tidak mudah, karena harus belajar dgn tekun dan kerja keras dalam mengembangkan potensi diri baik di kegiatan akademik, organisasi maupun aktif di kegiatan kompetisi.

PKM adalah program kreativitas mahasiswa yg di selenggarakan oleh Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Tujuan Dari PKM adalah menjadikan mahasiswa yg tahu aturan, taat aturan, kreatif dan inovatif serta cooperatif objektif dalam membangun kebhinekatunggalikaan.

Foto pertama saat saya masih menjadi mahasiswa bersama dosen pendamping Bapak Muhammad Agus Sahbana, M.T dan 2 anggota teman mahasiswa lainnya menjadi salah satu penerima hibah Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2011, ketika itu sedang melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi. Selama menjadi mahasiswa berhasil 3 kali lolos pendanaan PKM (PKM T, PKM P dan PKM GT). Ternyata pengalaman aktif di PKM selama menjadi mahasiswa sangat bermanfaat dan berguna sekali buat saya. Tentunya dalam mengembangkan potensi diri.

Foto Kedua saat saya sebagai Dosen Pembimbing sedang mendampingi mahasiswa melaksanakan kegiatan Monitoring dan evaluasi PKM tahun 2021. Selama menjadi dosen alhamdulilah sudah bisa meloloskan beberapa mahasiswa bimbingan di ajang PKM yaitu :

PKM T Tahun 20I8 Pinalis Pimnas ( 1 Tim)

PKM T Tahun 2019 Lolos Pendanaan (4 Tim)

PKM K Tahun 2019 Lolos Pendanaan ( 1 Tim)

PKM PI Tahun 2020 Lolos Pendanaan ( 1 Tim)

PKM PI Tahun 2021 Lolos Pendanaan (2 Tim)

PKM AI Tahun 2021 Lolos Pendanaan ( 1 Tim)

PKM PI Tahun 2022 Lolos Pendanaan (2 Tim)
PKM PI Tahun 2023 Lolos Pendanaan ( 1 Tim)

Hasil yg dicapai saat ini tentu ada andil besar ketika saya aktif di PKM semasa menjadi Mahasiswa. Sehingga bisa dirasakan saat ini.

Ayo mahasiswa UTS khususnya dan Mahasiswa Indonesia Umumnya untuk aktif di PKM dalam mengembangkan Potensi diri. Karena banyak sekali ilmu, pengalaman, dan wawasan yg didapatkan..

Sebenarnya pesan yg ingin disampaikan di foto ini adalah pakaian yg saya pakai tahun 2011 sama dgn yg dipakai tahun 2021. Sudah 10 tahun berjalannya waktu ternyata masih muat bajunya (awet muda). hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *