Lifelong Learning ‘Tantangan Jaman di Era Digitalisasi’

Belajar Sepanjang Hayat adalah sebuah konsep yang menyatakan bahwa proses pendidikan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi oleh usia. Belajar sepanjang hayat ini dapat kita lakukan dimana saja, baik di lingkungan keluarga, sekolah ataupun lingkungan masyarakat. Setiap manusia perlu untuk terus belajar dan belajar. Jaman terus bergerak, jangan sampai ketinggalan informasi dan keahlian yang diperlukan. Jangan sampai terlindas jaman. Tujuan akhir dari Lifelong Learning adalah menjadi inovatif dan inklusif, meningkatkan fungsi otak, mendukung kesuksesan, dan pertumbuhan atau pengembangan diri.

Sekarang kita berada pada jaman Revolusi Industri 4.0 membawa kemajuan dari cara pembelajaran, proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja. Information and Communication Technology (Teknologi Informasi dan Komunikasi) memberikan kesempatan luas bagi kita untuk memperoleh informasi terkini, berinteraksi, beraktivitas, mengidentifikasi isu yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama, menghasilkan pendapatan dengan peluang usaha yang luas, serta berpartisipasi dalam masyarakat secara masif.

Pembelajaran Sepanjang Hayat memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk belajar sesuai dengan minat, usia, dan kebutuhan belajarnya. Kesempatan ini merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk belajar di berbagai tempat dan kondisi. Kegiatan belajar tersebut dapat dilakukan secara berkelompok maupun perorangan. Pembelajaran Sepanjang Hayat juga dapat meningkatkan kebermaknaan seseorang dalam kehidupan diri, keluarga dan lingkungan masyarakat. Seseorang akan menjadi pribadi yang memiliki kemampuan untuk menjadi diri sendiri, bersikap mandiri, serta memiliki tujuan hidup yang jelas dan terarah. kita mampu meningkatkan kualitas kehidupan secara berkesinambungan, mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, serta mampu mengikuti perkembangan masyarakat dan budaya untuk menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang.

Mari kita selalu maknai setiap aktivitas yang kita lakukan sebagai proses pembelajaran hidup, karena tindakan kita hari ini menentukan masa depan kita akan yang datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *