Poster Publikasi sampul depan Buku Teknik Penulisan Karya Ilmiah (sonpedia.com)

Dunia perguruan tinggi tidak dapat dilepaskan dari penulisan akademik atau sering kita kenal dengan istilah Academic Writing, yaitu proses penulisan yang menggunakan standar baku akademik, terikat pada aturan, dapat dipertanggungjawabkan, mempunyai susuan atau sistematika yang ketat dengan menggunakan bahasa ilmiah. Dalam prosesnya, penulisan terdiri atas tiga bagian, yaitu: bagian awal, bagian isi, dan bagian penutup sebagai inti dari buku. Pada bagian-bagian tersebut berisi seperangkat aturan yang ketentuannya diatur berdasarkan jenis dari kategori tulisan.

Proses penulisan akademik secara lebih rinci diulas lebih detail melalui Teknis Penulisan Karya Ilmiah. Karya tulis ilmiah sendiri adalah karya ilmiah yang bersifat keilmuan. Sifat keilmuan yang dimaksud ditandai dengan keilmiahan sebuah karya. Dapat diuji, diukur, divalidasi, dan dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara ilmiah.

Untuk hal tersebut, dan sebagai upaya dalam memperkuat literasi yang sudah ada, Penulis ikut berkontribusi dalam penyusunan bunga rampai (book chapter) pada buku dengan judul “Teknik Penulisan Karya Ilmiah: Cara Membuat Karya Ilmiah Yang Baik Dan Benar” (2023) di bagian kedua tentang “Penyusunan Rencana Penelitian” (Hal. 13–26), ditekankan tentang pentingnya perencanaan penelitian ditetapkan sejak awal sebelum penulisan atau penelitian dilakukan. Hal ini akan menjadi bagian dari keberhasilan penulisan itu sendiri.

Dalam perencanaan penulisan (penelitian) berbagai komponen dipertimbangkan dan  diidentifikasikan. Dari masalah yang akan diangkat, sumber daya yang digunakan, bentuk dan desain penelitian yang akan dipakai, hingga pembiayaan (sumber dana) dan jadwal pelaksanaan harus menjadi pertimbangan seorang peneliti.

Buku ini secara khusus dapat dijadikan sebagai panduan oleh peneliti, dosen, atau mahasiswa, dalam membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar dengan berbagai menguasai keterampilan menulis yang efektif. Secara umum, buku ini mengulas tentang langkah-langkah penting dalam proses penulisan karya ilmiah, dari memilih topik penelitian hingga penyuntingan dan format penulisan. Pembaca akan dipandu dalam menyusun rencana penelitian yang terstruktur, mengumpulkan bahan dengan baik, dan menyusun pendahuluan serta tinjauan pustaka yang kuat. Metodologi penelitian, analisis data, hasil penelitian, dan diskusi juga dibahas dengan detail.

Buku ini juga memberikan pedoman teknik penyusunan daftar pustaka yang tepat. Selain itu, penulis juga menyoroti pentingnya tata bahasa dan ejaan, dan penyuntingan format yang baik dalam penulisan karya ilmiah. Dengan buku ini, pembaca akan memiliki sumber daya yang berharga untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi.

TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH : Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar – Henry Kurniawan, Lukmanul Hakim, Henny Sanulita, Masfa Maiza, Ivon Arisanti, Made Rismawan, I Gede Iwan Sudipa, Putu Intan Daryaswanti, Lalu Puji Indra Kharisma, Jakub Saddam akbar, Haryani Haryani, Mekar Meilisa Amalia – Google Buku

Tagged With:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *