“Tips Mengatasi Insecure”

Oleh: Junaidin,S.Pd.,M.Psi

Dosen Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa

Terkadang hidup tak seindah apa yang menjadi bayangan masa kecil. Seringkali kali kita merasa di mana dunia seakan tidak peduli kepada harapan kita saat ini. atau mungkin sering merasa di titik terendah, merasa tidak percaya diri, merasa diri tidak ada apap-apanya dibandingkan orang lain, terkadang suasana hati dan perasaan ingin terbang bersama angin dan melawan badai hujan yang terbendung, atau mungkin kita sering memalsukan kebahagiaan. Andai saja kehidupan ini selamanya indah, tanpa ada kebencian, kebohongan, ketidakpedulian, dan kehilangan. Jangan ragu tentang dunia. Yakinkan bahwa diri ini bukan setetes air hujan yang jatuh lalu menghilang bersama debu. Pandanglah dan nilailah dirimu dengan segalah potensi yang ada. Ingat bahwa masa depan dan nasib hanya mampu dikendalikan oleh dirimu sendiri. Harapannya bahwa jangan jadikan Insecure untuk menghakimi keadaan dan kondisi psikologis yang lain, jangan jadikan alasan bahwa insecure sebagai merasa tidak mampu. Mulailah rubah pola pikir untuk menjadi orang yang lebih berharga, lebih bahagia, lebih percaya diri, lebih baik dari orang lain. Tigal hal ini sebagai prinsip yang bisa dijadikan sebagai pegangan kita di saat insecure “Good Life, Good Love, Good Happiness”.

“Enam Tips Mengatasi Insecure”

  1. Fokus pada diri sendiri: Setiap orang memiliki potensi yang beragam dan memiliki kelebihan yang unik. Perlu ada harapan untuk masa depan yang lebih indah dan lebih baik. tidak perlu mencemasakan masa depan yang berlebihan serta masa lalu adalah pelajaran yang memberikan kedewasaan dalam setiap proses kehidupan.
  2. Lakukan hal-hal yang disenangi: Kamu adalah orang yang punya banyak kreativitas, lakukang sesuatu yang bisa memberikan nilai positif pada diri sendiri dan orang lain.
  3. Miliki Harapan Hidup yang Jauh Kedepan: Setiap harapan adalah ujian. Tantangan-tantangan masa kini dan masa depan bukan masalah yang takut kita hadapi. ini adalah awal dari setiap proses, dan ambil langkah yang tepat, dan hadapi itu dengan harapan yang baik.
  4. Miliki Mindset Positif tentang Diri dan Lingkungan: Mindset sangat penting untuk dikelola dengan baik, ketikan mindset memberikan sinyal positif maka energi positif juga akan memberikan respon positif pada setiap yang dipikirkan atau yang dilakukan, begitu juga sebaliknya. rubah mindset menjadi lebih positif untuk kehidupan yang baru.
  5. Suka Belajar Hal-Hal Baru: Peluang dan waktu untuk belajar sangat luas, seiring dengan banyaknya tantangan-tantangan yang kadang kala kita tidak mampu memprediksikan yang bayak memberikan dampak postif maupun negatif pada setiap proses kehidupan kita. Ini juga tergantung bagaimana cara kita mengambil sebuah keputusan yang baik, dengan peluang yang baik sebagai suport sistem pada diri sendiri. Hal-hal yang baru hadir sebagai sugesti internal kita untuk bisa belajar dengan kondisi mental yang sehat. Mencoba hal-hal baru salah satu cara yang positif pada setiap momen dimana kita adalah bagian dari kehidupan ini.
  6. Lakukan Meditasi/Self Terapi: Meditasi sangan penting untuk dilakukan. Dengan cara sederhana meditasi bisa dilakukan dengan sendiri. Tuhan memberikan waktu kepada kita untuk selalu digunakan dengan baik dan maksimal, istirahatkanlah dirimu dengan baik, berikan waktu luang. Meditasi sebagai bentuk atau cara memusatkan dan menjernihkan pikiran agar bisa merasa tenang, nyaman, produktif dan rileks. Meditasi bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Lakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur, setidaknya selama 10–20 menit. Cara ini akan membantu kita untuk menjadi individu yang optimal, dan kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *