NEWS PSIKOLOGI

“Berita Populer Perkembangan Terbaru Bidang Ilmu Psikologi “

Buku Psikologi Umum sebuah karya dosen Psikologi UTS Junaidin, S.Pd.,M.Psi

World Happiness Report 2022


World Happiness Report (WHR) pertama kali diterbitkan pada tahun 2012. Oleh karena itu, tahun ini (2022) merupakan peringatan kesepuluh peristiwa tersebut. Pernyataan para pendiri WHR dalam bab pembuka WHR 2022 menegaskan; 1. Ukuran kemajuan yang sebenarnya adalah kebahagiaan orang. 2. Sekarang kita dapat mengukur kebahagiaan seperti itu dengan andal, dan 3. Kita memiliki pemahaman yang cukup tentang bagaimana meningkatkan kebahagiaan. Mengingat pengetahuan tersebut, laporan tersebut mencatat bahwa “sekarang mungkin bagi pembuat kebijakan untuk menjadikan kebahagiaan orang sebagai tujuan dari kebijakan mereka.” WHR terbaru (2022) dirilis pada 22 Maret, dan sekali lagi ditemukan bahwa negara-negara Nordik (Finlandia, Denmark, dan Islandia) berada di puncak tabel Kebahagiaan – Swedia dan Norwegia berada di nomor 7 dan 8. (The Nordic ) juga mengepalai OECD Better Life Index). Negara-negara Nordik memimpin tabel kebahagiaan nasional (dan OECD Better Life Index), sebagian karena tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap institusi nasional mereka. Manfaat dari tingkat kepercayaan publik yang tinggi juga signifikan bagi mereka yang mengalami kesulitan. Masyarakat dengan tingkat kepercayaan yang tinggi jauh lebih tangguh dalam menghadapi berbagai macam krisis dan bencana. Misalnya, negara dan wilayah dengan tingkat kepercayaan publik atau modal sosial yang tinggi lebih berhasil menurunkan tingkat infeksi Covid dan kematian terkait pandemi. WHR 2022 juga melaporkan peningkatan yang mencolok di seluruh dunia dalam perilaku prososial, termasuk kebajikan terhadap orang asing dan donasi ke organisasi amal.

Di antara variabel yang dipelajari oleh penulis dan kontributor Laporan Kebahagiaan Dunia 2022 meliputi pertumbuhan PDB per kapita dan harapan hidup sehat. Variabel lain yang dipelajari adalah penurunan persepsi tingkat korupsi dan tingkat dukungan sosial secara keseluruhan yang relatif konstan. Sumbangan dan sukarela untuk membantu orang lain (misalnya, dukungan luar biasa yang diberikan kepada pengungsi Ukraina oleh tetangga Ukraina) meningkat hampir 25% pada tahun 2021 dibandingkan dengan tingkat sebelum pandemi. WHR melaporkan, “curahan kebaikan ini memberikan alasan untuk harapan dan optimisme di dunia yang membutuhkan lebih dari keduanya.” Bab 4 oleh Hannah Metzler dan rekan-rekannya dalam laporan WHR 2022 tentang analisis media sosial (misalnya, bahasa Twitter) untuk melacak emosi positif dan negatif dalam masyarakat. Misalnya, istilah terkait kecemasan meningkat tajam di Twitter selama tahap awal pandemi. Lonjakan kecemasan lebih curam di negara-negara dengan peningkatan kasus Covid yang lebih signifikan. Istilah kesedihan juga meningkat sementara istilah kemarahan menurun frekuensinya. Kesejahteraan dan Penggabungan ke dalam Kebijakan Publik WHR 2022 juga melacak tren dalam penggunaan ukuran kesejahteraan dalam kebijakan publik (Bab oleh Christopher Barrington-Leigh dari Universitas McGill, Montreal, Kanada). Misalnya, didorong oleh OECD, hampir semua negara anggotanya kini mengukur kebahagiaan rakyatnya melalui Indeks Kehidupan Lebih Baik tahunan. Pada saat yang sama, UE juga menerbitkan “Indeks Kebahagiaan”. Dewan Menteri Nordik telah mengklasifikasikan inisiatif kesejahteraan menurut apakah suatu negara menggunakan ukuran kesejahteraan atau tidak untuk memantau tren kebahagiaan atau memandu pengembangan dan implementasi kebijakan publik yang sebenarnya. Dewan menganggap negara-negara yang ingin mengembangkan “ekonomi kesejahteraan” mulai bergerak melampaui penggunaan PDB sebagai ukuran kemajuan. Bhutan, Inggris Raya, dan Selandia Baru adalah negara-negara yang saat ini paling banyak menggunakan metrik kesejahteraan, yaitu kesejahteraan subjektif, untuk mengukur kemajuan, menetapkan prioritas, dan memandu kebijakan publik.
Sekarang ada juga upaya untuk memonetisasi skala kebahagiaan. WHR 2022 melaporkan bahwa perubahan satu poin dalam skala kepuasan hidup setara dengan sekitar £13.000 (nilai tahun 2019) dalam pendapatan tambahan (dengan kisaran dari £10.000 hingga £16.000). Dengan kata lain, rata-rata orang akan menghabiskan kira-kira £13.000 untuk meningkatkan kepuasan hidup mereka sebesar satu poin pada skala sepuluh poin. Kesejahteraan subyektif sekarang mulai mendapatkan daya tarik nyata sebagai alternatif yang mungkin dari PDB untuk mengukur kemajuan nasional. Namun, masih ada tantangan dalam mengembangkan indikator kesejahteraan subjektif publik yang andal. Misalnya, WHR 2022 mempelajari nilai-nilai yang biasanya terkait dengan gaya hidup yang terkait dengan keharmonisan, kedamaian, dan ketenangan untuk menentukan bagaimana nilai-nilai ini memengaruhi kesejahteraan subjektif. WHR 2022 melaporkan bahwa kedamaian berhubungan erat dengan kebahagiaan dan kesejahteraan subjektif di berbagai negara. Diberi pilihan, kebanyakan orang tampaknya lebih memilih kedamaian daripada pasang surut kehidupan yang lebih penting. Sponsor kelembagaan WHR termasuk konsorsium pusat akademik (Pusat Pembangunan Berkelanjutan di Universitas Columbia, Pusat Penelitian Kesejahteraan di Universitas Oxford, Sekolah Ekonomi Vancouver di Universitas British Columbia, Pusat Kinerja Ekonomi di London School of Economics, and the Korea Development Institute School of Public Policy and Management. Gallup Corporation juga merupakan kontributor utama laporan yang menyediakan data tentang evaluasi kehidupan dari Gallup World Poll tahunannya. Data Gallup memberikan dasar untuk peringkat kebahagiaan dunia.

Referensi

https://wellbeingintl.org/world-happiness-report-2022/?gclid

https://www.google.com/search?q=index+happiness+world+2022&tbm

5 Alasa Findlandia Menjadi Negara Paling Bahagia di Dunia

You can find happiness wherever you are. Especially if you lived in Finland. Finlandia kembali dinobatkan menjadi Negara Paling Bahagia di Dunia untuk keenam kalinya oleh World Happiness Report. 
Sejumlah faktor menjadi penilaian. Yakni, dukungan sosial, pendapatan, kesehatan, kebebasan, kebaikan, dan bebas korupsi. 
Lantas apa yang membuat penduduk dari negara ini bahagia? Melansir dari berbagai sumber berikut alasannya.

  1. Lalu lintas yang lancar
  2. Tingkat kriminalitas yang rendah
  3. Santai dan menikmati hidup
  4. Standar pendidikan dan kesehatan yang tinggi
  5. Kesetaraan dan kesederhanaan

Sumber

https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/5/2023/31883/5-alasan-finlandia-menjadi-negara-paling-bahagia-di-dunia