Pelatihan Media Pembelajaran Sukses Digelar untuk Guru SD Kokarpit dan Guru SD Lekong Alas Barat

Pelatihan Media Pembelajaran untuk Guru SD Kokarpit dan Guru SD Lekong Alas Barat. SD Kokarpit menjadi tuan rumah pelatihan media pembelajaran yang diadakan pada hari Jumat, 12 Mei 2023. Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru dari SD Kokarpit dan SD Lekong Alas Barat. Acara tersebut berlangsung dari pukul 09.00 hingga 16.00 sore.

Pelatihan media pembelajaran tersebut diselenggarakan oleh dosen-dosen Fakultas Rekayasa Sistem (FRS) dari program studi Informatika, Teknik Industri, dan Teknik Mesin, serta dosen dari program studi bisnis digital. Para dosen yang memberikan pelatihan adalah Mietra Anggara, M.T, Nora Dery Sofya, S.Kom., M.M.Inov, Ekastini, S.Kom., M.Kom, Koko Hermanto, S.Si., M.Sc, Yuliadi, M.Kom, Wilia Ismiyarti, S.Kom., M.M.Inov, dan Erwin Mardinata, S.Kom., M.M.Inov.

Acara pelatihan diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Basri Husain, S.Pd Kepala Pengawas Pendidikan dan Koordinator Wilayah Alas Barat yaitu. Dalam acara pembukaan, hadir pula kepala sekolah dari SD Kokarpit dan SD Lekong. Semangat dan antusiasme peserta terasa kental sejak awal.

“Kerjasama Pelatihan yang seperti ini seharusnya sering-sering dilakukan guna mengembangkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran tidak hanya secara kovensional hanya mengajar dikelas saja, semoga dengan adanya pelatihan ini dapat menjadi percontohan sekolah lain dikemudian hari dalam mengembangkan media pembelajaran.” Pungkas Basri Husain.

Selama pelatihan, para guru diberikan materi tentang pembuatan akun untuk referensi buku dari pemerintah, pembuatan presentasi pembelajaran, pembuatan video pembelajaran, dan mengunggah video pembelajaran. Dalam pelatihan pemateri memberikan referensi buku dari pemerintah, guru-guru juga diberikan panduan langkah demi langkah untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia.

Materi berikutnya membahas pembuatan presentasi pembelajaran, di mana guru-guru diajarkan teknik-teknik efektif dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan bantuan media presentasi. Mereka juga diberikan tips dan trik untuk menciptakan presentasi yang menarik dan interaktif.

Selanjutnya, guru-guru diajarkan tentang pembuatan video pembelajaran. Dalam sesi ini, mereka mempelajari teknik pengambilan gambar, pengeditan video sederhana, dan penggunaan perangkat lunak untuk menghasilkan video pembelajaran yang menarik dan informatif.

Bagian terakhir dari pelatihan adalah tentang mengunggah video pembelajaran. Guru-guru diberikan pengetahuan tentang platform-platform yang dapat digunakan untuk mengunggah video pembelajaran mereka sehingga dapat diakses oleh siswa secara online.

Mietra Anggara, M.T. selaku dekan Fakultas Rekayasa Sistem sangat mendukung dan terlibat langsung dalam pengabdian kali ini dan berharap pelatihan pembuatan media pembelajaran dapat memberikan manfaat  bagi guru.

“Semoga pelatihan ini memberikan manfaat yang besar bagi para guru dalam mengembangkan keterampilan media pembelajaran mereka dan merasa lebih percaya diri serta siap untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa, sehingga membuat siswa lebih cepat memahami materi dan semangat dalam belajar.” Ucap Mietra.

Semua peserta pelatihan berharap dapat menerapkan apa yang mereka pelajari dalam pelatihan pembuatan media pembelajaran di kelas mereka.

Sumber: https://frs.uts.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *