Khadafie | News

TAHALLUL

Bismillah

Ada kejadian yang menarik saat sulhu Hudaibiyah, Rasulullah dan 1400 sahabat belum bisa masuk kota Mekkah, salah satu butir perjanjiannya adalah Muhammad Saw dan sahabatnya tidak bisa masuk kota Mekkah untuk melaksanakan Tawaf dan sa’i, mereka bisa datang melaksanakan di tahun berikutnya.

Nah karena tidak bisa maka Rasulullah Saw dan sahabatnya membayar DAM. Saat Rasulullah Saw meminta sahabatnya untuk mencukur rambut dgn cara pertama Botak dan kedua memendek rambut kepala, banyak sahabat yg tdk melaksanakannya.

Sudah 3x Rasulullah Saw meminta untuk melakukan itu tapi para sahabat banyak yang tdk melakukannya. Bagi orang arab rambut kepala adalah mahkota, Rasulullah Saw dalam sebuah riwayat rambutnya sebahu.

Setelah itu rasul galau masuk ke tenda beliau dan curhat dgn istri beliau siti Aisyah Ra, oleh Aisyah beliau di sarankan agar mencukur rambut beliau terlebih dahulu kemudian memotong unta beliau secara langsung.



Rasulullah Saw keluar dari tenda dan memanggil tukang cukurnya, dan mencukur rambut beliau dgn cara di gundul setelah itu beliau menyembelih untanya. Setelah melihat itu semua sahabat mengikuti apa yang di lakukan oleh Rasulullah Saw.

Saat diatas bis dan dalam kamar saya menggoda teman-teman jamaah umroh, jangankan kita yg jaraknya 1445 tahun dgn Nabi, sahabat saja enggan melaksanakan perintah nabi utk mencukur rambutnya. Selepas itu, jamaah umroh pada cukur dan menggunduli rambutnya (Tahallul)

Selepas sholat subuh di Masjidil Haram depan Kakbah

Share Now

Latest News