Saat ini, kita berada di era 4.0, ditandai dengan aktivitas serba digital. Dunia pendidikan telah mengalami banyak perubahan, terus beradaptasi dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejalan dengan perkembangannya, perubahan terus berlangsung lebih cepat dan berbagai perubahannya menyertainya; di sisi lain setiap orang, lembaga dan institusi mulai mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi dalam berbagai aktivitas pekerjaan, corak-corak seperti itulah yang saat ini kita kenal dengan era Society 5.0. Di Era ini dimaknakan manusia sebagai pusat (human-centered) dari basis teknologi (technology based) yang akan mengurangi peran manusia dalam berbagai hal.
Dalam konteks perkembangan remaja, maka remaja di era Society 5.0 akan berhadapan dengan kecepatan dan waktu. Suasana yang didapatkan adalah suasana digitalisasi dengan mulai mengurangi penggunaan sumber daya fisik manusia. Remaja pada generasi Post Gen Z (kelahiran ≥2013 dst.) atau rentang usia 10 tahun–an pada tahun 2023, mereka berhadapan langsung dengan situasi kecanggihan teknologi buatan atau kecerdasan buatan yang sering kita sebut dengan AI (Artificial Intelligence) dan berbagai fitur buatan lainnya.
Di sinilah, peran orang tua sebagai orang yang “pertama” dalam sistem pengasuhan, pembentukan karakter, dan prinsip-prinsip hidup. Hal ini penting dan mendasar karena akan membentuk pola dan kebisaan remaja ketika berhadapan dengan dunia luar, baik di lingkungan sekolah atau pun lingkungan masyarakat pada umumnya. Peran orang dalam membina, membimbing, dan mengarahkan akan melejitkan potensi remaja dengan situasi kekinian.
Buku kolaborasi (book chapter) ini dengan judul “Perkembangan peserta didik: Teori & Konsep Perkembangan Peserta Didik Era society 5.0”, penulis ikut berkontribusi dalam mengulas berbagai perkembangan remaja, khususnya di era society 5.0 (Bab 7, hal. 126 – 233).
Secara umum buku ini menyajikan panduan komprehensif tentang perkembangan peserta didik. Dalam buku ini, pembaca akan diperkenalkan pada bab-bab penting yang mencakup teori-teori perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan prinsip-prinsip perkembangan peserta didik dalam pendidikan. Bab-bab lainnya membahas tugas-tugas perkembangan pada berbagai tahap kehidupan, mulai dari masa pranatal, bayi, awal kanak-kanak, hingga remaja. Perkembangan emosional dan sosial peserta didik juga menjadi fokus. Buku ini juga mengulas perkembangan peserta didik dengan kebutuhan khusus dan tantangan mulkulturalisme di era Society 5.0. Pengembangan Peserta Didik di era saat ini sebagai sumber daya berharga bagi para pendidik, orang tua, dan siapa pun yang ingin memahami dan mendukung perkembangan peserta didik secara efektif.
PERKEMBANGAN PESERA DIDIK : Teori & Konsep Perkembangan Peserta Didik Era S… – Google Books