Menulis Buku

Menjadi penulis, pengarang dan menerbitkan buku adalah salah satu bentuk nyata dari aplikasi tridarma perguruan tinggi. Hasil pengajaran yg dibukukan, riset dan data lain yg relevan sebetulnya pekerjaan yg gampang tapi tidak diminati semua orang. Karena menulis selalu dianggap rumit apalagi menerbitkan nya. Padahal dalam urusan membukukan, hanya diperlukan pola tulisan yg menggunakan template buku, susun dari data skripsi, thesis, bahan bahan ajar hingga memang bisa dijilid. Ya, syaratnya cukup mudah biasanya min 40-80 hal sebagai syarat agar tulisan bisa menjadi buku yg bisa dipegang.

Buku, menjadi salah satu target kami di @warek3.uts yg membidangi Riset dan Inovasi UTS. Selain artikel ilmiah, pun buku lebih mudah dibandingkan menulis paper. Dengan angka kredit yg cukup besar pula untuk kenaikan jabatan para dosen. Ditambah lagi adanya remunerasi yg bisa diklaim untuk bonus. Di bulan ke empat terbentuknya bidang kami telah terpublikasi sebanyak 8 buku ber-ISBN dari para dosen dengan penerbit yg juga berasal dari kampus kami sendiri, OMP (Olat Maras Publishing) yg terdaftar di Perpustakaan Nasional.

Tentunya akan semakin banyak karya karya buku dari para dosen lainnya. Motivasi dan semangat membukukan inilah yg terus kami encourage dari para dosen maupun mahasiswa kami bahkan masyarakat pun akan kami fasilitasi untuk menerbitkan karyanya. Sehingga ide ide dan pemikiran yg mereka tuliskan tidak hanya menjadi konsumsi internal di universitas atau kalangan terbatas saja, tetapi dapat dinikmati semua kalangan masyarakat.
@universitasteknologisumbawa

#buku#penerbitomp#tridarma#risetinovasi#dosenventure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *