Sosialisasi Pengurangan Gula, Garam dan Lemak di SMAIT Samawa Cendikia, Kabupaten Sumbawa

Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) melalui Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (Prodi THP) melaksanakan agenda rutin yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan rutin setiap semester. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di salah satu SMA/MA/SMK sederajat di Kabupaten Sumbawa yaitu SMA IT Saamawa Cendikia. Judul yang diusung adalah pengurangan konsumsi gula,
garam, dan lemak pada remaja. Penaggulangan penyakit pada tubuh sangat penting diperhatikan karena mempengaruhi aktivitas sehari-hari khususnya remaja yang banyak melakukan kegiatan di sekolah dan di luar sekolah. Kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang penting untuk kita jaga karena tubuh adalah modal utama untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Aktivitas tidak akan dapat berjalan apabila tubuh dalam keadaan sakit dan kesuksesan hidup juga tidak dapat dinikmati apabila tubuh dalam kondisi sakit.

UTS dalam program pengabdian kepada masyarkat diharapkan remaja sadar dan mampu memilih makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Mei 2023 yang berlokasi di SMA IT Samawa, Cendikia, Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB. Kegiatan ini dimulai pada jam 08.00 – 10.30 WITA yang dipimpin langsung oleh Ratna Nurmalita Sari, S.TP., M.Sc (Dosen Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Teknologi Sumbawa) dan dibantu oleh beberapa Dosen di Fakultas Teknologi Pertanian seperti Chairul Anam Afgani, S.TP., M.P., Ihlana Nairfana, S.TP., M.Si., Jenri Parlinggoman Hutasoit, S.TP., M.TP., Veni Rori Setiawati, S.Si., M.Pd., Muhammad Faisal, S.TP., M.Si., dan Alfassabiq Khairi, S.P., M.Sc.

Pelaksanaan Kegiatan meliputi:
a) Pembukaan: 08.00 WITA
b) Sambutan oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UTS dan Kepala Sekolah SMA IT Samawa Cendikia: 08.00–08.45 WITA
c) Pre-test: 08.45–09.00 WITA
d) Pembawa Materi “Pengurangan Konsumsi Gula, Garam dan Lemak pada Remaja”: 09.00–09.30 WITA
e) Post-test: 09.30–09.45 WITA
f) Demonstrasi “Pembuatan Minuman Fungsional Bunga Telang”: 09.45–10.15 WITA
g) Penutup dan Foto Bersama: 10.15–10.30 WITA

Acara dapat menambah wawasan kepada Guru dan Murid bahwa pentingnya menjaga kesehatan tubuh serta dapat memilih makanan yang dibutuhkan bagi tubuh.

1 thought on “Sosialisasi Pengurangan Gula, Garam dan Lemak di SMAIT Samawa Cendikia, Kabupaten Sumbawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *