Dosen Teknologi Industri Pertanian

Devi Tanggasari, S.TP., M.Si

saya “Devi Tanggasari” adalah salah satu dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Saya bergabung di UTS pada Tahun 2020 setelah saya menyelesaikan gelar sarjana (S1 Teknik Pertanian Universitas Mataram) dan gelar Master di IPB (S2 Teknik Mesin Pertanian dan Pangan). Fokus riset saya saat S1 yaitu pengeringan jagung menggunakan alat pengering Fuidized Bed Dryer. Sebelum melanjutkan studi ke IPB, saya sering mengikuti kegiatan riset dosen terutama yang berkaitan dengan pengeringan (pengeringan bawang merah, cabai, jagung, dan hasil pertanian lainnya) dan ikut serta dalam kegiatan pengembangan energi terbarukan seperti pembuatan intsalasi biogas yang pada saat itu bekerja sama dengan Tim Biru NTB.

Melihat potensi NTB khususnya di Sumbawa, dan dengan dukungan penuh dosen saya saat itu membuat saya memiliki ketertarikan untuk melanjutkan studi dengan mengembangkan riset saya terhadap penerapan teknologi pada bahan pangan, terutama pada proses pengeringan sehingga saya melanjutkan studi ke IPB dengan fokus riset yang sama yaitu masih pada pengeringan pangan yang menggunakan alat pengering Fluidized Bed Dryer pada Type Continue dengan bahan yang digunakan yaitu gabah Varietas Ciherang.

Semoga dengan pengalaman riset dan ilmu yang dipelajari selama kuliah terutama dalam penerapan teknologi dalam bahan pangan dapat saya bagikan kepada adik-adik mahasiswa dan mengajak terlibat langsung dalam penelitian dan pengembangan teknologi pertanian yang inovatif dengan tujuan dapat membantu memajukan sektor pertanian di daerah Sumbawa terutama dalam metode pengeringan yang tepat dan efisien sehingga dapat meningkatkan kualitas dan nilai jual hasil pertanian.

Email: devi.tanggasari@gmail.com

Google scholar: ‪devi tanggasari‬ – ‪Google Scholar‬

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *