Shinta | News

Launching & Pameran Aplikasi Kebudayaan Sumbawa

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melaunching aplikasi Media Literasi Berbasis Aplikasi Smartphone Android dalam Mengenalkan Kebudayaan Sumbawa Kepada Penyandang Disabilitas Netra yang dibangun oleh Ibu Shinta Esabella, S.T.,M.TI Dosen Program Studi Informatika Fakultas Rekayasa Sistem UTS sebagai Hibah Penelitian pada kamis (8/6/2023). Aplikasi yang dibangun melalui Program Dana Indonesiana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2022 ini juga di dukung oleh LPDP. 

Sebagaimana dingkapkan oleh Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfotiksandi Drs.Hasanuddin  Bahwa aplikasi-aplikasi seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan diharapkan semakin banyak karya inovatif yang lahir di Kabupaten Sumbawa dalam rangka mendukung Smart City. 

“Aplikasi ini dapat diinstal pada perangkat berbasis android oleh pengguna. Ketika para penyandang disabilitas netra berkunjung, mereka dapat melakukan scan kode QR yang terdapat pada masing-masing benda di museum. Setelah itu akan ada narasi berupa suara mengenai sejarah benda atau obyek museum tersebut” Ucapnya

Kemudian lanjutnya, Aplikasi ini sangat berguna dan menjadikan museum sebagai tempat yang terbuka untuk semua kalangan termasuk kaum disabilitas. Ke depannya, tim ini akan mengembangkan lebih banyak aplikasi yang terkait dengan kebudayaan Sumbawa, sehingga mampu memajukan kebudayaan melalui teknologi digital.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Chairul Hudaya PhD, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UTS, civitas akademika UTS, Kadis Kominfotiksandi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Sutan Syahrir.S.Sos, Bappeda diwakili oleh Kepala Bidang Litbang, Arya Ningsih, Ph.D. Kepala Sekolah SLBN Sumbawa, Ketua MUI Sumbawa Ust. Syukri Rahmat, S.Ag, Drs. Aries Zulkarnaen, M.M.Inov, Yuliandari Mardikaningtyas selaku Ketua Yayasan Bala Datu Ranga, dan forum disabilitas serta Tim Anggota Hibah Penelitian yakni Bapak Aan Widhi Atma MM., Ibu Titi Andriani MT., Bapak Muhammad Hidayatullah M.Sc., Bapak Yana Karisma MA., Bapak Erwin Mardinata, M.M.Inov, Ibu Tri Susilawati M.Si., Ibu Nora Dery Sofya M.M.Inov., Bapak Bayu Fajar Pratam S,Kom., Bapak Rodianto M.Kom., dan Mahasiswa UTS Fatihurroyyan.