Dosen Program Studi Peternakan UTS

saya “Ahmad Reza Jatnika” adalah salah satu dosen Program Studi Peternakan Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Saya menyelesaikan gelar sarjana Peternakan di Universitas Mataram pada tahun 2016, dimana Fokus riset saya saat S1 yaitu terkait dengan Performance Ternak Ruminansia.

Melihat potensi NTB terkait sektor peternakan, dan dengan dukungan penuh dari keluarga, membuat saya memiliki ketertarikan untuk melanjutkan studi dengan mengembangkan riset saya terhadap penerapan teknologi pada bidang peternakan, terutama pada bidang produksi ternak sehingga saya melanjutkan studi di Institut Pertanian Bogor Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan dengan fokus pada bidang keahlian Ilmu Produksi Ternak Ruminansia, yang mencakup pemahaman tentang manajemen, nutrisi, reproduksi, dan kesehatan ternak ruminansia.

Beberapa penelitian yang pernah saya tulis  terkait dengan  identifikasi jumlah sel darah putih dan kaitannya dengan body condition score (BCS) dan mengikuti kegiatan riset dosen terutama yang berkaitan dengan produksi ternak ruminansia (sapi, kerbau dan domba) dan penelitian lain tentang komposisi dan karakteristik jaringan karkas domba ekor tipis yang diberi ransum berbasis Indigofera zollingeriana pada sistem pemeliharaan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh ransum berbasis Indigofera zollingeriana terhadap komposisi karkas domba, serta efeknya pada kualitas non-karkas domba. Selain itu penelitian yang berjudul “Non-Carcass Composition of Thin Tail Sheep Fed Indigofera Zollingeriana with Different Maintenance System” yang menitikberatkan pada komposisi non-karkas (seperti organ dalam, kulit, tulang, dan lemak) dari domba ekor tipis yang diberi pakan berbasis Indigofera zollingeriana dalam sistem pemeliharaan yang berbeda. Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi penting tentang distribusi komponen non-karkas dalam tubuh domba, yang berkontribusi pada pemahaman menyeluruh tentang pengaruh pakan pada sifat-sifat non-karkas.

Saya berharap dengan pengalaman riset dan ilmu yang saya pelajari terutama dalam penerapan teknologi dalam bidang peternakan dapat memberikan kontribusi penting dalam memperluas pengetahuan tentang pengembangan praktik pemeliharaan ternak yang lebih efisien, berkelanjutan, dan berkualitas.

Email: ahmad.reza.jatnika@ahmadrezajatnika

Google scholar: https://scholar.google.com/citations?user=0V_j4doAAAAJ&hl=en

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *