PEDULI KONSUMSI REMAJA, FATETA UTS BERI SOSIALISASI TENTANG KONSUMSI GULA, GARAM, DAN LEMAK

Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satubagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. UTS sebagai salah satu perguruan tinggi yang ada di Sumbawa, tidak hanyamelakukan pengajaran, tetapi juga melaksanakan pengabdiankepada masyarakat. Fakultas Teknologi Pertanian melaluiprodinya Teknologi Hasil Pertanian, melaksanakan agenda rutinyaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan rutinsetiap semester.

Pengabdian kepada masyarakat kali ini di lakukan di SMA IT SAMAWA CEDIKIA pada Jumat, 26 Mei 2023. Kegiatanpengabdian ini dipimpin langsung oleh Dekan FakultasTeknologi Pertanian,Chairul Anam Afgani S.TP., M.P. bersamadengan jajarannya. Beliau juga sekaligus membuka kegiatantersebut, kemudian dilanjukan dengan kegiatan lainnya.

Foto pembukaan oleh bapak Chairul Anam Afgani S.TP., M.P.

Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu pemberian materitentang “Pengurangan Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak pada Remaja”, materi ini di sampaikan langsung oleh Kepala Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Ratna Nurmalita Sari, S.T.P.,M.Sc. Sebelum penyampaian materi, dilakukan pra-tes terlebihdahulu untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentangmateri tersebut.

Foto pemberian materi oleh ibu Ratna Nurmalita Sari, S.T.P.,M.Sc.

Pengurangan Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak (GGL) diatur dalam Permenkes Nomor 30 Tahun 2013. MenurutPermenkes tersebut, anjuran konsumsi gula per orang per hariadalah 10% dari total energi (200kkal). Konsumsi tersebut setaradengan gula 4 sendok makan per orang per hari atau 50 gram per orang per hari. Sedangkan anjuran konsumsi garam adalah 2000 mg natrium per orang per hari. Konsumsi garam tersebut samadengan 1 sendok teh garam per orang per hari atau 5 gram per orang per hari. Anjuran konsumsi lemak per orang per hari yaitu20-25% dari total energi (702 kkal) per orang per hari. Konsumsi lemak tersebut sama dengan lemak 5 sendok makanper orang per hari atau 67 gram per orang per hari. Mengetahuianjuran konsumsi GGL ini cukup penting demi menghindarikelebihan konsumsi GGL.

Pentingnya mengetahui ajuran konsumsi gula, garam dan lemak ini adalah untuk menghindarkan anggota keluarga kitadari penyakit-penyakit degeneratif seperti diabetes tekanandarah tinggi maupun gangguan kardiovaskuler lainnya.

Acara dilanjutkan dengan post-tes yang bertujuan untukmenguji kembali pemahaman siswa setelah pemberian materi. Hasil post-tes menunjukkan adanya peningkatan pengetahuansiswa mengenai konsumsi GGL pada remaja.

Kegiatan dirangkaikan dengan demonstrasi pembuatanminuman fungsional daun telang oleh Ihlana Nairfana, S.TP., M. Si. Pada kegiatan ini siswa diajak berinteraksi langsung dalampembuatan meniman fungsional tersebut. Siswa terlihat sangat antusias dan mengikuti semua tahapan-tahapan yang harus dilakukan.

Demonstrasi pembuatanminuman fungsional daun telang oleh Ihlana Nairfana, S.TP., M. Si.
Foto pemberian pra test kepada siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *