| Prime Time

IT BOOTCAMP 2023

Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) bersama Himpunan Mahasiswa Informatika telah sukses menyelenggarakan IT BOOTCAMP 2023 dengan tema β€œMenuju Sumbawa Digital dan Berwawasan Teknologi.” Acara berlangsung dari Jum’at hingga Minggu, 1-3 September 2023, dan menjadi sorotan utama dalam upaya memperkenalkan prodi Informatika serta mengembangkan antusiasme terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMA sederajat di Kabupaten Sumbawa dan bertujuan untuk memberikan wadah kepada mereka yang memiliki minat dan bakat di bidang IPTEK untuk mengembangkan keterampilan. Selain menjadi upaya branding bagi Program Studi Informatika, kegiatan ini juga berkontribusi positif dalam mendukung perkembangan perusahaan startup di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Beberapa sekolah yang berpartisipasi dalam IT BOOTCAMP 2023 antara lain SMAN 1 Sumbawa, SMKN 1 Sumbawa, SMA IT Samawa Cendekia, serta beberapa sekolah lainnya. Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Dr. Chairul Hudaya, Ph.D., turut hadir juga dekan Fakultas Rekayasa Mietra Anggara, S.T., M.T., Perwakilan Program Studi Informatika dan Coach Ahmad Juliansyah, S.Kom. M.M.Inov., pada Jumat, 1 September 2023.Β 

IT BOOTCAMP berlangsung selama 3 hari, dengan 2 hari awal digunakan untuk pelatihan peserta oleh Ahmad Juliansyah dan kakak-kakak mahasiswa Informatika UTS di Integrated Laboratory Universitas Teknologi Sumbawa. Peserta diberikan panduan untuk membuat website berbasis WordPress menggunakan plugin Elementor. Mereka memiliki kebebasan untuk memilih tema yang ingin diangkat dalam pembuatan website mereka, sehingga dapat mengekspresikan kreativitas mereka.

Hari ketiga merupakan waktu untuk presentasi, penjurian, dan malam inaugurasi. Dua dosen Program Studi Informatika UTS, yaitu I Made Widiarta, S. Kom, M. M.Inov. dan Ahmad Juliansyah, S.Kom. M. M.Inov., menjadi juri dalam kompetisi tersebut.

Hasil penjurian menunjukkan bahwa SMA IT Samawa Cendekia meraih Juara 1 melalui website mereka hellotrip.my.id dengan perolehan poin 349. Disusul oleh SMKN 2 Sumbawa Tim 2 sebagai Juara 2 dengan perolehan poin 332, serta SMKN 1 Sumbawa Tim 2 sebagai Juara 3 dengan perolehan poin 304.