| Prime Time

Benarkah Kerja sambil Mendengarkan Musik Bisa Meningkatkan Produktivitas?

Menurut Inc, mendengarkan musik akan membantu otakmu untuk menjadi lebih rileks dan santai saat bekerja.
Terlebih jika kamu mendengar playlist yang berisi lagu-lagu favoritmu.
Namun, apakah mendengarkan musik ketika bekerja pasti membuatmu lebih produktif?
Glints telah merangkum apa saja dampak lagu bagi seseorang saat bekerja, hingga haruskah kamu mendengarkan lagu saat kerja?
Mendengarkan Musik saat Bekerja
Memang belum ada studi yang secara gamblang menyebutkan bahwa mendengarkan lagu kesukaanmu dapat meningkatkan produktivitas secara langsung.

Namun, mengutip dari 7Pace, terdapat beberapa studi menemukan hal-hal positif yang bisa kamu dapat apabila mendengarkan musik sambil bekerja.

  1. Musik mempengaruhi apa yang kamu rasakan.
    Menurut sains, mendengarkan musik dapat mempengaruhi mood dan apa yang kamu rasakan, terutama ketika bekerja. Mendengarkan lagu yang kamu sukai dapat mengurangi tingkat stres dan produksi hormon kortisol yang menandakan bahwa seseorang sedang mengalami stres. Sehingga, kamu pun merasa lebih rileks dan dapat menghasilkan performa yang lebih baik daripada biasanya. Meskipun tidak terkait secara langsung dengan produktivitas, tapi kamu tentunya akan jauh lebih baik ketika bekerja apabila kamu tidak merasakan stres, bukan?
  2. Membantumu untuk tidak cepat merasa bosan Tugas yang repetitif dan dilakukan setiap hari tentu akan membuatmu merasa bosan. Alhasil, performamu saat bekerja bisa turun, lho. Beberapa studi juga mengonfirmasi hal ini. Dengan mendengarkan musik, seseorang tidak cepat merasa bosan dengan pekerjaan yang dikerjakannya. Selain itu, bekerja sambil mendengarkan lagu favorit juga bisa meningkatkan motivasimu dalam bekerja.
  1. Membuatmu lebih berkonsentrasi
    Lebih lanjut, mendengarkan musik ketika jeda istirahat atau di antara satu pekerjaan dan pekerjaan lainnya dapat membantu tingkatkan konsentrasimu. Meskipun tidak secara langsung terkait dengan produktivitas, kamu akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dengan tugas yang harus dikerjakan.