Profil

Halo Fellas! perkenalkan nama saya adalah Alfassabiq Khairi, S.P., M.Sc. atau biasa dipanggil Pak Alfa. Saya akan menceritakan profil saya di blog ini. Saya resmi menjadi dosen tetap Non-PNS di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) pada tanggal 30 Januari 2023. Saya masuk menjadi dosen di Program Studi (Prodi) Sarjana Pertanian Berkelanjutan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Pertanian. Itu adalah Prodi Sarjana Pertama di Indonesia yang diajukan untuk dibuka oleh Universitas Teknologi Sumbawa sejak 30 Januari 2023 ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENRISTEKDIKTI). Jadi untuk sementara, homebase saya berada di Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Ilmu dan Teknologi Pertanian Pendidikan formal yang ditempuh saat S1 di Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram (UNRAM) tahun 2013-2018. Pada S2 ditempuh di Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2019-2022.

Background penelitian dan keahlian yang saya fokus lakukan yaitu budidaya tanaman, pascapanen, dan kematangan buah pada tomat (Solanum lycopersicum L.). Pada saat S1 saya mengerjakan penelitian untuk Skripsi dengan judul “penggunaan pupuk organik cair sebagai upaya mengurangi penggunaan pupuk NPK, pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat” dan S2 saya mengerjakan penelitian untuk Tesis dengan judul “induksi pematangan buah tomat (Solanum lycopersicum L.) NOR galur MA 131-6-3 dengan ethephon dan kalsium karbida selama pascapanen”.

List Penelitian:
1.) Artikel Ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi KEMENRISTEKDIKTI (SINTA 2) Non-SJR dengan judul “postharvest losses of NOR tomato fruit line MA 131-6-3 treated by ethephon and calcium carbide”
2.) Artikel Ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi KEMENRISTEKDIKTI (SINTA 3) Non-SJR dengan judul “combination of bio-organo-mineral fertilizers on optimizing the growth and production of tomatoes (Solanum lycopersicum L.) in dryland environment”
3.) Artikel Ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal internasional bereputasi Scopus (Quartile 3) dengan judul “physicochemical properties in NOR tomato line MA 131-6-3 after treated with ethephon and calcium carbide induced ripening”

Saya juga aktif dalam kegiatan organisasi yang berpusat pada pengembangan pertanian di Indonesia, salah satunya adalah Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) Kabupaten Sumbawa. Saya terpilih menjadi Ketua Organisasi yang telah dilantik dan diresmikan mulai tanggal 16 Mei 2023 – 16 Mei 2028. Kegiatan organisasi yang saya pimpin akan lebih berpusat di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia yang tentunya mengedepankan pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan, tetapi tetap mengandalkan teknologi yang maju dan tanpa mengurangi kearifan budaya pertanian daerah setempat.

Contact Person:
Email = alfassabiq@gmail.com / alfassabiq.khairi@uts.ac.id

Link:
Google Scholar = https://scholar.google.com/citations?user=Adbp_dcAAAAJ&hl=en&oi=ao
ResearchGate = https://www.researchgate.net/profile/Alfassabiq-Khairi
Linkedin = linkedin.com/in/alfassabiq-khairi-88159520b
Orcid ID = orcid.org/0000-0002-3425-1399