Nama : Samsurya
Nim : 19.10.013.075
Dosen Pengampuh : Nawassyarif, S.Kom.,M.Pd.
Jurnal 1 | Jurnal 2 | Jurnal 3 | |
Judul | Media Pembelajaran Proses Rendering Objek Pada Mata Kuliah Grafika Komputer Berbasis Multimedia | Media Pembelajaran Algoritma Garis Dan Lingkaran Berbasis Multimedia | A Survey of Deformable Modeling in Computer Graphics |
Penulis | Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo | Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Umbulharjo | Sarah F. F. Gibson, Brian Mirtich |
Reviewer | Samsurya | Samsurya | Samsurya |
Rangkum Permasalah | Pembelajaran Grafika Komputer pada materi rendering objek bagi sebagian mahasiswa sangatlah sulit dipahami. Berdasarkan data yang diperoleh dari 20 mahasiswa yang sedang dan yang pernah mengambil mata kuliah grafika komputer, terlihat bahwa jumlah prosentase mahasiswa yang tidak memahami materi rendering objek lebih banyak dari pada mahasiswa yang paham akan materi rendering objek. Jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran grafika komputer khususnya pada materi rendering objek agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi. Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi rendering objek. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode observasi, dan metode wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran grafika komputer pada materi rendering objek bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil pengetesan tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran grafika komputer. | Pembelajaran Grafika Komputer materi Algoritma Garis dan Lingkaran bagi sebagian mahasiswa dirasa sulit untuk dipahami terutama dalam menyelesaikan permasalahan perhitungan pada Algoritma Garis dan Lingkaran. Prestasi belajar mahasiswa sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dalam memahami materi. Kegiatan belajar di dalam kelas dengan lisan, tulisan bahkan slide powerpoint dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam kegiatan perkuliahan grafika komputer. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat lebih aktif dalam kegiatan belajar khususnya mengenai materi Algoritma Garis dan Lingkaran. Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Algoritma Garis dan Lingkaran yang sesuai dengan SAP mata kuliah Grafika Komputer. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasikan permasalahan, pengumpulan data melalui Studi literatur, kuisioner dan wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup analisis user, analisis kebutuhan user, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, dan pengujian sistem. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Algoritma Garis dan Lingkaran. Aplikasi telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Algoritma Garis dan Lingkaran. | This paper present a survey of the work done in modeling deformable objects within the computer graphics research community. The research has a long history and wide variety of approaches have been used. This paper organizes the diversity of research by the technique used rather than by the application, although applications are discussed throughout. this paper presents some purely geometric approaches for modeling deformable objects, but focuses on physically based approaches. in the latter category are mass-spring models, finite element models, approximate continnun models, and low degree of freedom models. Special emphasis is placed on finite element models, which offer the greatest accuracy, but have seen limited use in computer graphics. The paper also suggests important areas for future research. |
Tujuan Penelitian | Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pembelajaran grafika komputer khususnya pada materi rendering objek agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi | penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam kegiatan perkuliahan grafika komputer. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat lebih aktif dalam kegiatan belajar khususnya mengenai materi Algoritma Garis dan Lingkaran. | This paper presents a survey of the work done ine modeling deformable objects within the computer graphics research community |
Metode Penelitian | 1. Metode Pengumpulan Data : Metode Studi Pustaka, Metode Interview, Metode Observasi, Metode Koesioner, 2. Analisis Data 3. Metode Perancangan Sistem | 1. Metode Pengumpulan Data : studi literatur, Metode Kuesioner, wawancara 2. Analisis User 3. Analisis Kebutuhan User 4. Analisis Kebutuhan Sistem 5. Perancangan Sistem | 1. Continuun models and finite element methods |
Kesimpulan | Telah dibuat aplikasi program bantu pembelajaran yang interaktif sebagai sarana belajar grafika komputer dengan materi rendering objek 3D. Aplikasi pembelajaran menggunakan komputer berbasis multimedia ini merupakan program aplikasi yang dapat digunakan sebagai pegangan belajar mata kuliah Grafika Komputer, khususnya materi rendering objek 3D untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan. Sistem yang dibuat telah diujikan kepada user mahasiswa dan dosen dengan hasil user setuju bahwa sistem yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan saat ini, dimana sistem dapat dijadikan pendamping dalam proses belajar mata kuliah kecerdasan buatan khususnya materi rendering objek 3D. | Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Telah dibuat aplikasi program bantu pembelajaran yang interaktif sebagai sarana belajar mengenai mata kuliah grafika komputer khususnya materi algoritma garis dan lingkaran. Aplikasi pembelajaran menggunakan komputer berbasis multimedia ini merupakan program aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar mata kuliah grafika komputer, khususnya materi algoritma garis dan lingkaran, untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan. Setelah adanya media pembelajaran ini mahasiswa lebih memahami materi algoritma garis dan lingkaran dan dalam penyelesaian perhitungan algoritma garis dan lingkaran pada mata kuliah Grafika Komputer. Dengan dilakukan uji coba program yang menunjukan bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik. | This paper has presented many of the techniqies that have been used in computer graphics for modeling deformable objects. these techniques range from the manual editing of individual vertex or control points, to finite element methods that approximate the full continuun mechanics models of object deformation. These methods have been applied to many areas of computer graphics, including : shape editing, cloth modeling, object and character animation, image analysis, and surgical simulation. while significant advances have been made, these area a number of important areas for future work. These include : validation of physically accurate deformation, achieving realistic real – time deformation of complex objects , and integrating deformable modeling techniques into broader contexts |
Perbandingan | |||