Menuju Internetisasi Produk Lokal Berbasis UMKM

Internetisasi Pedesaan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakatn pedesaan. Langkah ini merupakan salah satu cara yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan, seperti para petani, pekebun, dan para pelaku ekonomi mikro dan menengah untuk meningkatkan pendapatan mereka. Selain itu saat ini pemasaran secara online memberikan efek kejut juga bagi para desa yang menawarkan sektor jasa bahkan pariwisata desa. Langkah ini bukanlah isapan jempol semata, hal ini dibuktikan dengan banyaknya daerah yang telah berhasil memanfaatkan jejaring ini esperti Jogja, Semarang, Malang dan lain sebagainya, dimana dengan adanya langkah seperti ini dapat memberikan pemasukan ekonomi yang sangat signifikan bagi masyarakat dan pemerintah. Selain yang telah disebutkan di atas, tentu efek yang akan terlihat besar adalah penyerapan tenaga kerja yang tidak main-main. Bahkan kita tahu, hanya dengar kegiatan reviewing, anak muda dapat mengasah kereatifitasnya dalam dunia bloger bahkan vloger. Dengan begitu, akan muncul para unicorn baru dari sektor pedesaan.

Dari Pemaparan di atas, ada 2 langkah yang sederhana tapi sangat efektif untuk mewujudkan hal tersebut, diantaranya adalah:

  1. Produk pertanian, Perkebunan, UMKM, Seni, Jasa (misalkan perbengkelan, spare part dll), serta pariwisata dapat mendaftarkan barangnya ke pemerintah desa: bagi produk UMKM seperti kue dapat di stock di BUMDES. Selanjutnya Pemerintah desa melalui staff desa yang telah dilatih untuk mengedit dan mengelola wabsite dan platform e-commerce melakukan editing untuk menarik minat pembeli.
  2. Pemerintah desa melalui staff tersebut melakuakan publikasi di Website desa dan juga e-commerce yang dimiliki oleh desa untuk dipublikasikan. Note. Proses pemesana oleh costumer dapat dilayani dengan cepat oleh BUMDES yang telah dilatih oleh pemerintah desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *