Publikasi
Peran Dosen Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun
Karakter Islami Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa
Universitas Teknologi Sumbawa
Dalam Pene litian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui peran dosen Mata Kuliah
(MK) Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membangun pendidikan karakter pada
mahasiswa universitas Teknologi Sumbawa. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif dengan menggunakan analisis data yaitu model Spradley dan mengambil lokasi
penelitian di lingkungan kampus Universitas Teknologi Sumbawa. Adapun Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa peran dosen dalam membangun pendidikan karakter mahasiwa
melalui mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS)
ditempuh dengan beberapa peran dosen yaitu : (1) Keteladanan, tahapan dimana dosen
menyentuh aspek emosional jiwa dan hati mahasiswa agar konsisten dalam menjalankan
perintah dan larangan dalam agama dalam kehidupan sehari-hari; dan (2) Inspirator, adalah
tahapan puncak dalam membangun karakter mahasiswa yaitu membangkitkan semangat
belajar mengejar potensi dan spektakuler bagi diri mahasiswa; (3) Motivator, merupakan
kemampuan guru/dosen dalam membangkit spirit, etos kerja, dan potensi yang luar biasa
dalam diri mahasiswa; (4) Dinamisator, merupakan lokomotif yang benar-benar mendorong
mahasiswa ke arah tujuan dengan kecepatan, kecerdasan, dan kearifan yang tinggi; dan (5)
Evaluator, merupakan wahana meninjau kembali efektivitas, efisiensi, dan produktivitas
sebuah program. Berdasarkan pengamatan dan wawancara Mata kuliah Pendidikan Agama
Islam di UTS berhasil membangun karakter mahasiswa menjadi lebih baik.
Media Pembelajaran Video Animasi Bisindo dalam Pengenalan Kosakata pada Peserta Didik SDLBN 2 Sumbawa
Program pendidikan di sekolah umum memungkinkan dinikmati bagi anak-anak yang dapat dikategorikan sebagai normal. Namun, pendidikan di sekolah umum seperti sekolah dasar/SD seringkali tidak memungkinkan bagi anak yang memiliki keadaan khusus atau siswa luar biasa. Penggunaan media gambar berbentuk video animasi pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam mengenal bentuk benda melalui bentuk gambar dan melatih peserta didik untuk dapat menganalisis dan menyimpulkan sehingga peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan media pembelajaran video animasi BISINDO dapat mengenalkan kosakata pada peserta didik SDLBN 2 Sumbawa. Pengembangan video animasi pembelajaran ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil dari pengembangan video pembelajaran ini adalah sebuah video animasi pembelajaran BISINDO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan rancangan awal yang telah dibuat dan direncanakan.