• 9849-xxx-xxx
  • noreply@example.com
  • Tyagal, Patan, Lalitpur

Penelitian

Background keahlian dan penelitian saya di bidang Analisis Struktur dan Perancangan Mesin. Penelitian yang pernah saya lakukan terkait dengan Analisis Kekuatan Sepeda Listrik ngebUTS Menggunakan Metode Elemen Hingga. Adapun ringkasan penelitian saya sebagai berikut. Tiga ratus sepuluh juta orang terdampak perubahan iklim dunia yang disebabkan oleh gas karbon dioksida. Mesin pembakaran internal yang mendominasi armada transportasi menjadi salah satu kontributor banyaknya karbon dioksida di atmosfer. Penelitian terkait kendaraan ramah lingkungan dalam hal ini kendaraan listrik, perlu terus dilakukan diikuti dengan hilirisasi hasil penelitian di dunia industri. Harapannya dapat mengurangi jumlah emisi gas rumah kaca yang dihasilkan kendaraan bermesin pembakaran dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan frame sepeda listrik ngebUTS dengan melakukan analisis tegangan menggunakan metode elemen hingga. Pemodelan geometri, input (data sifat material, geometri, beban, kondisi batas), mesh, solve, dan validasi adalah tahap demi tahap yang dilalui pada penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa tegangan ekuivalen (von Mises) maksimum sebesar 98,31 MPa terjadi di sambungan antara Seat Tube dengan Seat Stay sedangkan tegangan minimum sebesar 0,01 MPa terjadi di bagian atas Head Tube. Deformasi maksimum terjadi di bagian atas Seat Tube sebesar 0,15 mm. Nilai faktor keamanan minimal pada frame adalah 2,39. Dengan nilai ini, frame sepeda listrik ngebUTS dapat dikatakan kuat dalam menahan beban pengendara dan baterai. Penelitian saya yang lain dapat dilihat pada link ini https://scholar.google.com/citations?hl=id&authuser=1&user=S8rVZVoAAAAJ