Sejak dikeluarkannya surat himbauan oleh Wakil Rektor III Direktorat Riset, Publikasi, dan Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa No. 165/UTS.WRIII/TU/VII/2023 yang secara khusus pada semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 kali ini mewajibkan semua dosen yang melakukan Klaim Remunerasi untuk membuat Blog dan melakukan branding personal dengan mempublikasikan latar belakang dosen, minat dan identitas yang dimiliki yang tertera pada Google Cendekia. “Dosen diwajibkan memiliki Blog Personal Branding; minimal sudah ada postingan terkait dengan personal branding dari masing-masing dosen yang berisi tentang Profil Singkat, Background Penelitian & Keahlian, List Penelitian, Contact Person dan Link Google Scholar.”, isi surat tersebut yang dikeluarkan tanggal 4 Juli 2023.
Ya, tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi banyak dosen khususnya, karena tidak saja harus melakukan publikasi ilmiah melalui berbagai jurnal dan prosiding sebagai bagian dari tugasnya sebagai dosen, namun diharapkan semuanya dapat ditulis menjadi tulisan yang lebih ringan melalui platform yang telah difasilitasi oleh universitas berupa blog uts.ac.id. Sejalan dengan hal tersebut, universitas pun memberikan reward dalam bentuk klaim remunerasi sebagai bentuk penghargaan atau dukungan (support) atas apa yang telah dilakukan dosen. Pengklaiman pun ditetapkan dalam bentuk persyaratan-persyaratan khusus, diantaranya membuat blog yang nanti dihajatkan blog ini dapat terisi dengan semua pelaksanaan kegiatan tridarma dosen, termasuk membagi ide, pandangan, pemikiran sang dosen yang dihimpun dalam satu wadah resmi universitas, menggunakan bahasa tulis populer (tulisan ringan) sehingga mudah dipahami dan dapat dibaca oleh masyarakat umum (baca: Branding ala UTS).
Untuk kepentingan Remunerasi dengan persyaratan pembuatan blog tersebut, Fakultas Psikologi dan Humaniora (FPH) Universitas Teknologi Sumbawa melakukan Bimbingan Teknis Pembuatan Blog pada hari Selasa, 11 Juni 2023 dengan sistem luring di ruang rapat Dosen FPH. Tema yang diambil adalah “Bimbingan Teknis Branding Dosen Melalui Pembuatan Blog Corporate” yang kebetulan Penulis dipercaya untuk menjadi instruktur (Narasumber) dalam pelatihan tersebut.
Dalam perspektif penulis, pembuatan blog selain sebagai satu keharusan (tuntunan) karena menjadi persyaratan remunerasi, juga bagian dari proses pembelajaran. Media digital tidak bisa dipisahkan dari aktivitas pembelajaran di era seperti saat ini. Dosen harus terbuka dan harus siap beradaptasi dengan banyak tantangan yang mengharuskan menggunakan media pembelajaran yang berbasis digital. AI (Artificial Intelligence) yang telah “booming” menjadi satu kecerdasan buatan/kecanggihan teknologi yang tidak dapat dinafikan penggunaannya, tidak saja oleh banyak mahasiswa, namun banyak pelajar di sekolah menengah pun telah memanfaatkannya. Ada banyak persoalan-persoalan praktis dan kerangka nalar yang bisa dijawab dan dijelaskan melalui AI. Karenanya, kesiapan dosen terhadap situasi-situasi yang serba digital harus terus dibiasakan, salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada (blog corporate) dalam menulis catatan-catatan ringan dari aktivitas tridarma dosen (baca: Branding).